‘Daleman’ Ban Juga Perlu Rutin Diganti

23-July-2018

Category : Roda & Ban
‘Daleman’ Ban Juga Perlu Rutin Diganti

Lagi buru-buru atau di tengah macet, lalu tiba-tiba mesti nuntun motor karena ban bocor? Padahal kondisi ban luar masih bagus, jarang bocor atau ditambal. Jangan buru-buru salahkan jalan berlubang atau polisi tidur, bisa jadi ini karena ban dalam kita sudah enggak layak pakai.

Ban dalam merupakan spareparts motor penting, sama pentingnya dengan ban luar. Kualitas dan ketepatan ‘daleman’ ban ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara kita. Ada hal yang dianggap umum, ternyata tak disadari bisa mempengaruhi kinerja ban dalam.

 

Seperti umur, meski tidak pernah bermasalah atau sering ditambal, ban dalam punya batas masa pakai. Penggunaan ban dalam tidak boleh sampai bertahun-tahun. Meskipun kondisi atau permukaan ban dalam terlihat mulus, tak ada bekas bocor atau tambalan, bukan berarti  material karetnya juga bagus, bisa jadi ban dalam Anda karetnya sudah mulai mengeras/getas.

 

Enggak cuma baju dalam kita, ‘daleman’ ban juga perlu rutin diganti. Saat memasuki usia pemakaian enam bulan, kualitas ban dalam motor biasanya mulai menurun. Hal ini bisa dilihat dari warna karet yang semakin gelap dan tulisan pada ban dalam yang semakin pudar. Gantilah ban dalam dengan yang baru jika kondisi ban dalam sudah tidak bagus lagi.

 

Apalagi kalau motor sering dipakai mengangkut barang bawan berat. Hal ini akan menambah beban yang berlebih juga pada terhadap ban dalam. Ditambah suhu udara yang tidak stabil, panas dingin yang terjadi terus menerus, lama-lama akan merusak elastisitas karet. Akibatnya, saat diisi udara ban dalam tidak mengembang maksimal.

 

Ganti ban dalam Anda setidaknya setahun sekali, untuk memastikan lapisan ban kuat, stabil dan tidak mudah bocor. Tidak merepotkan, harganya tidak semahal ban luar atau kerepotan menuntun motor kan....

 

Pastikan memilih ban dalam dengan ukuran yang tepat. Mesti pas, tak boleh terlalu kecil atau terlalu besar. Kalau ban dalam terlalu besar, sangat mungkin ada bagian ban dalam yang akan terlipat atau terjepit saat pemasangan. Akibatnya, jadi lebih mudah rusak atau bocor.

Related Articles

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.

Related Products