Jurus Mudah ‘Bungkam’ Fan Belt Berdecit

08-July-2018

Category : Rantai & Belt
Jurus Mudah ‘Bungkam’ Fan Belt Berdecit

Bagaimana ritual pagi Anda hari ini? Diawali dengan suara mesin yang halus, atau tiba-tiba ada decitan yang bikin kuping gatal? Kalau ini terjadi di pagi hari, apalagi saat AC juga dihidupkan, berarti fan belt perlu segera dicek.

Fan belt merupakan karet kipas pendingin mesin mobil, terbuat dari imitasi karet dan baja. Fan belt berfungsi sebagai pemutar berbagai komponen mesin. Dari mulai pompa oli hingga alternator. Jadi kalau fan belt mogok kerja atau rusak, bisa dibayangkan bukan, komponen apa saja yang bakal ikutan terganggu.

Umur fan belt terhitung singkat. Ini karena posisinya terbuka dan berhubungan dengan engine pully. Sering sekali komponen ini terekspos berbagai ‘ancaman’ seperti cipratan air, tanah, lumpur bahkan pasir saat mobil bergerak. Apalagi di musim hujan atau perjalanan jauh seperti mudik.

Bunyi berdecit atau biasa disebut bell dressing terjadi karena berbagai ancaman tersebut. Pully kering karena terkikis berbagai kotoran tadi atau karet tidak bisa memutar pully dengan sempurna. Gejala ini ternyata lebih sering terjadi pada mobil lawas karena masih memakai setelan mekanis. Mobil baru jarang mengalami problem ini karena sudah dibekali tensioner yang menjaga kekencangan sabuk.

Untuk mengatasinya memang harus memeriksa setelan atau kondisi belt. Kalau karetnya sudah keras dan pecah-pecah, memang harus ganti fan belt. Tapi untuk sementara, sebelum meluncur ke bengkel atau belanja komponen, gangguan di pagi hari ini bisa dibungkam dengan mudah.

 

Air Sabun

Cara paling mudah, semprotkan air dengan sabun pada belt yang berisik. Ini solusi cepat, tapi hanya sementara. Paling tidak menahan suara berisik yang mendadak muncul atau saat berada di tengah perjalanan. Cek ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

 

Pelumas Atau Grease

Ini bisa membantu, tapi mesti hati-hati. Jangan sampai berlebihan mengoleskan oli atau pelumas, karena kalau kebanyakan belt justru bisa selip dan makin berisik. Bisa juga menggunakan batangan lilin sebagai pengganti oli atau pelumas mesin.

 

Cairan Belt

Praktis, aman, gak pakai kotor. Cairan khusus belt ini tersedia di berbagai toko aksesori atau supermarket, bisa disiapkan di rumah untuk mengantisipas masalah seperti ini. Hidupkan mesin, biarkan sampai stasioner, lalu semprotkan cairan pada belt yang berdecit sampai bunyinya hilang. Jangan sampai becek, karena bisa selip dan mengotori ruang mesin.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products