Rantai Motor Kendor, Bisa Bikin Tekor

07-July-2018

Category : Rantai & Belt
Rantai Motor Kendor, Bisa Bikin Tekor

Bila tiba-tiba rantai motor mengeluarkan suara berisik, jangan diabaikan. Apalagi tetap menggeber motor, lari kencang hingga gas mendadak. Kebiasaan ini tak hanya bikin rantai motor cepat kendor bahkan putus, tapi juga bisa membuat komponen lain rusak bahkan boros bensin.

Saat rantai motor mulai kendor, mata rantai tidak mencengkeram dengan stabil dan kuat. Motor jadi kurang responsif, dan butuh tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan motor. Gas mesti digeber lebih dalam, mesin bekerja lebih berat. Ini yang membuat konsumsi bensin jadi lebih rakus.

Rantai motor kendor tak hanya mempengaruhi kenyamanan, tapi juga performa dan umur komponen lainnya. Komponen motor lainnya yang berhubungan dengan penggerak rantai jadi cepat aus. Seperti as gear depan, serta karet tromol jadi lebih cepat kendor karena sering terkena hentakan mesin. Ada beberapa kebiasaan, tak kita sadari bisa menyebabkan rantai motor jadi cepat kendor.

 

Riding Style

Ini penyakit yang sering kena macet, sering tancap gas mendadak. Karena gak sabaran, begitu jalanan kosong langsung gas pol. Kebiasaan ini bikin rantai cepat kendor, karena terlalu sering mendapat hentakan tenaga, tarikan secara mendadak. Tarik gas dengan smooth, tak hanya aman dan rantai awet, bensin juga lebih irit lo...

 

Overload

Kelebihan beban bikin rantai motor cepat kendur karena memaksa untuk menarik lebih kuat. Jarak rantai ke arm juga semakin panjang karena beban yang terlalu besar .

 

Kondisi Jalan

Kurangi kecepatan, tarik gas dengan smooth saat melewati jalan berlubang atau polisi tidur. Melewati medan seperti ini dengan kencang membuat lengan ayun sering bergerak dan rantai motor tersentak-sentak.

 

Kurang Perawatan

Bersihkan rantai secara berkala, lumasi dengan pelumas rantai agar tidak mudah karatan, berputar lebih lancar dan tidak cepat kendur. Ingat ya, pakai pelumas khusus untuk rantai. Jangan pakai oli, karena malah bikin rantai jadi molor. Bersihkan setelah melewati genangan, agar tak karatan. Rantai yang berkarat jadi berkurang kekuatannya dan mudah putus.

Related Articles

Kampas rem merupakan salah satu spareparts motor terpenting. Keselamatan dan kenyamanan pengendara motor sangat ditentukan oleh kinerja rem berikut segala komponennya. Spareparts ini yang menentukan kapan dan bagaimana motor mesti berhenti, apalagi saat menghadapi situasi kritis.

Ban dalam motor merupakan spareparts yang harus benar-benar pas, tidak boleh kekecilan atau kegedean. Ban dalam yang terlalu besar, jadi lebih mudah rusak atau bocor. Hal ini karena saat terpasang ada bagian ban dalam yang terlipat atau terjepit.

Ban dalam sama pentingnya dengan ban luar. Apalagi karena ban dalam ini merupaka spare parts motor yang tak terlihat. Kondisi dan kualitasnya mesti dipastikan selalu benar-benar baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dalam yang kondisinya buruk karena terlalu sering ditambal atau kualitasnya tidak bagus, kinerja dan daya tahannya juga buruk.

Spareparts satu ini ukurannya memang kecil, bentuknya sepele sehingga sering dipandang sebelah mata, tutup pentil.

Related Products