Jangan Mudik, Sebelum Cek 7 Bagian Ini

Jangan Mudik, Sebelum Cek 7 Bagian Ini

Libur Lebaran sudah kurang dari 2 minggu lagi. Semua persiapan perjalanan mudik sudah dilakukan dengan cermat? Buat yang mau turing, pastikan semua bagian kendaraan dalam kondisi prima.

Kalau ada bagian yang rusak, perbaiki lebih dulu. Kalau ada komponen yang mesti pensiun, segera beli komponen baru. Jangan berangkat, sebelum mengecek 7 bagian berikut.

 

1. Sistem Pengapian

Busi merupakan bagian utama dari sistem pengapian. Bersihkan busi yang kotor, ganti busi dengan yang baru bila sudah kelewat uzur. Lebih baik lakukan mudik, turing atau perjalanan jauh dengan semua komponen yang fresh. Sementara yang motornya masih pakai karburator, cek dan bersihkan dari semua kotoran.

 

2. Kampas rem.

Ini komponen motor yang penting untuk keselamatan. Kalau kampas rem tipis, lebih baik ganti dengan yang baru, demi keselamatan.

 

3. Rantai dan V-belt

Komponen penghubung mesin dan roda ini mesti bersih dan kuat. Kalau sampai putus di tengah perjalanan, bahaya dan sungguh merepotkan. Rekomendasi pabrik, ganti rantai tiap 15 ribu km dan V-belt 24 ribu km. Lebih cepat kalau kondisinya sudah aus. Cek kondisi fisik dan kekencangannya. Kalau sudah kendur atau aus, ganti yang baru.

 

4. Ban

Paling sederhana, cek tingkat keausan dari “Tread Wear Indicator”. Cek tingkat keausan, tak ada benjolan, tak ada botak, juga tekanan ban. Jangan sampai kurang atau lebih.

 

5. Bearing

Bearing yang prima membuat motor stabil di jalan berkelok maupun bergelombang. Komponen ini pada roda motor ini berfungsi menjaga kestabilan putaran roda.

 

6. Pelumas

Oli mesin yang masih baru akan meningkatkan performa mesin dan menjaga kondisinya tetap prima.

 

7. Lampu

Kecil tapi bukan sepele. Tak hanya lampu depan atau sein, tapi juga lampu belakang dan lampu rem. Menjaga motor terlihat saat malam dan membuat kendaraan di belakang sadar dan menjaga jarak, saat Anda melambat atau mengerem.

Related Articles

Perjalanan penting seperti mudik, nyaman dan aman merupakan syarat mutlak. Kendaraan mesti sehat, bekal kudu komplet. Bekal lengkap ini tak hanya logistik atau rupiah, tapi juga nomor telpon!

Libur Lebaran sudah kurang dari 2 minggu lagi. Semua persiapan perjalanan mudik sudah dilakukan dengan cermat? Buat yang mau turing, pastikan semua bagian kendaraan dalam kondisi prima.