10-March-2019
Category : PerlistrikanSelama ini ada perdebatan soal untung atau ruginya jika sepeda motor pakai aki yang memiliki ampere lebih besar. Secara harga, aki dengan ampere lebih besar pastinya dibanderol lebih mahal dibanding aki berukuran bawaan. Bahkan beda harganya lumayan jauh.
Sebenarnya untung atau rugi tergantung kebutuhan pemilik motor itu sendiri. Kalau spesifikasi motor masih standar dan tidak melakukan ubahan apa-apa, memakai aki ampere besar merupakan pemborosan. Selain harganya lebih mahal, dibutuhkan usaha lain agar aki bisa sesuai dengan kinerja kelistrikan terutama skema pengapian honda tiger
Berbeda halnya kalau ada part tambahan yang membutuhkan listrik. Misalnya lampu tembak atau klakson besar. Penggantian aki dengan ampere besar berubah menjadi kebutuhan. Pasalnya komponen-komponen tambahan tersebut harus disuplai asupan listrik memadai agar bekerja sempurna. Jika tetap mempertahankan aki standar bisa cepat tekor karena tidak bisa memenuhi permintaan listrik yang besar.
Oh ya, sebaiknya penggantian aki dengan ampere lebih besar juga harus diimbangi modifikasi jalur pengisian. Biasanya, dengan mengganti gulungan spul magnet dengan kawat yang lebih besar agar proses pengisian bisa lebih cepat karena daya tampung aki juga lebih besar.
Anggapan mengganti aki dengan ampere lebih besar bisa bikin tenaga meningkat, itu salah.Meski motor balap memakai aki ampere besar untuk mendongkrak tenaga, namun hal tersebut sebenarnya adalah untuk menjaga asupan listrik ke sistem injeksi cukup. Apalagi motor balap umumnya menggunakan sistem pengapian total loss yang tidak ada jalur pengisian.
Foto: Shutterstock/EyeLights Wes
Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.
Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.
Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.
Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.