Kelistrikan AC dan DC Pada Sepeda Motor Apa Bedanya?

08-February-2019

Category : Perlistrikan
Kelistrikan AC dan DC Pada Sepeda Motor Apa Bedanya?

Sistem kelistrikan pada sepeda motor terbagi menjadi dua jenis, yakni sistem AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current).Lantas apakah perbedaan antara dua jenis kelistrikan tersebut? Paling mudah mendeteksinya, cukup perhatikan nyala lampu depan motor saja.

Pada lampu depan motor dengan kelistrikan AC, arus listrik langsung disuplai oleh spul yang digerakkan poros engkol mesin. Lantas arus tersebut dikontrol oleh kiprok untuk mengatur besaran kebutuhan tegangan supaya bohlam tidak putus.

Artinya lampu depan sepeda motor dengan kelistrikan AC baru bisa dinyalakan saat mesin sudah hidup. Makanya pada sistem kelistrikan AC, saat mesin idle atau langsam, cahaya lampu cenderung redup. Dan baru terang setelah putaran mesin di atas 2.000 rpm. Tingkat terang lampu depan mengikuti putaran gas.

Ciri yang berbeda ada pada sistem kelistrikan DC atau arus searah. Jenis kelistrikan ini mendapat suplai langsung dari aki (accu). Sementara kiprok bertugas mengisi dan menstabilkan arus yang masuk ke aki. Makanya lampu depan bisa langsung dinyalakan dengan terang maksimal ketika kontak diputar ke posisi ON tanpa menghidupkan mesin.

Nah, pada sistem searah ini biasanya dibutuhkan arus pengisian yang besar agar aki tidak mudah tekor.Biasanya disiasati dengan memakai aki yang amperenya lebih besar dibanding ampere sistem AC. Selain itu, pada arus DC biasanya sistem spulnya sudah dibekali model fullwave yang akan mengisi ke aki terus-menerus setiap putaran mesin.


Foto: pixabay.com
 

Related Articles

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Selama ini banyak salah kaprah soal penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System) di mobil-mobil modern. Sistem rem anti mengunci tersebut dipahami untuk memperpendek jarak pengereman, tidak sedikit pengemudi yang terlalu percaya diri dengan mengabaikan jarak pengereman dengan kendaraan di depan.

Related Products