Bolehkan Pakai Oli Mesin dan Transmisi Mobil Untuk Sokbreker Depan Motor?

24-January-2019

Category : Suspensi
Bolehkan Pakai Oli Mesin dan Transmisi Mobil Untuk Sokbreker Depan Motor?

Salah satu faktor penunjang kenyamanan dalam berkendara adalah sokbreker.Kalau komponen tersebut tidak bekerja maksimal, dijamin kenyamanan saat riding bakal berkurang.

Nah, oli merupakan salah satu faktor penentu kinerja sokbreker selain per di dalam pipa sokbreker. Makanya oli sokbreker depan motor wajib dikuras setelah menempuh 10-15 ribu km.

Untuk pada rider antusias, penggunaan oli sokbreker menjadi lebih detail. Bahkan beberapa info soal mengganti oli sokbreker depan memakai oli mesin atau transmisi mobil dengan viskositas yang lebih tinggi (kental).

Efeknya membuat rebound (tendangan balik) sok lebih lambat, sehingga suspensi terasa lebih soft atau lebih halus bantingannya.

Yang jadi pertanyaan, apakah ada efek samping pemakaian oli transmisi mobil atau oli samping pada sokbreker? Beberapa bengkel menyebut tak ada efek samping signifikan akibat penggantian oli sokbreker ini. Namun memang tidak disarankan karena tidak sesuai peruntukkannya.

Pasalnya karena kandungan aditif dan tingkat kekentalan yang tak sesuai, bakal membuat sil-sil sokbreker menjadi lebih cepat jebol dan olinya pun lebih menghitam lebih awal. Maka untuk mencari pengganti oli sokbreker dengan kekentalan lebih tinggi, sebaiknya pakai merek aftermarket saja yang lebih kental dibanding bawaan sokbreker motor.
 

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products