Ini Dia Penyebab dan Solusi Sokbreker Motor Keras

07-December-2018

Category : Suspensi
Ini Dia Penyebab dan Solusi Sokbreker Motor Keras

Shockbreaker atau sokbreker di sepeda motor adalah satu-satunya komponen yang berfungsi untuk meredam hentakan permukaan jalanan. Bisa dibayangkan apabila sepeda motor tak memiliki sokbreker, pasti bakal membuat pengendara dan penumpangnya tak nyaman. Bahkan bisa membuat badan pegal-pegal dan sakit karena tidak ada peredam yang mengontrol kerasnya permukaan jalan.

Karena kinerjanya terbilang berat itu, maka sokbreker termasuk dalam kategori fast moving spare part yang wajib diganti berkala jika kondisinya sudah mulai apkir. Selain itu, tak salah juga kalau Anda memeriksa kondisinya sesekali, apalagi jika redamannya sudah mulai terasa keras. Banyak hal yang menyebabkan kondisi tersebut, meski sokbreker belum benar-benar rusak. Nah, ini dia penyebab dan solusi sokbreker motor keras:

Pelumas Terlalu Banyak
Perlu diketahui, sokbreker depan sepeda motor akan berfungsi dengan baik jika kapasitas minyak di dalam tabung (inner tube) sesuai volumenya. Tidak terlampau banyak atau tak terlalu sedikit. Jika pelumas terlalu banyak maka efeknya bantingan akan keras, karena pergerakan per di dalam tabung terbatas karena cairan. Sebaliknya jika kapasitas pelumas kurang maka sokbeker akan lembek dan mengayun.

Pelumas Terlampau Kental
Pemakaiaan pelumas yang terlampau kental juga bisa menjadi penyebab sokbreker keras. Karena pelumas yang terlalu kental membuat pergerakan per menjadi berat sehingga bantingan sokbeker terasa kaku. Sebaiknya pakai pelumas khusus sokbreker yang tingkat kekentalannya sudah diukur dan sesuai untuk mengisi inner tube.


Garpu Suspensi Bengkok
Garpu suspensi yang bengkok juga akan menimbulkan bantingan keras. Hal ini karena pergerakan naik/turun sokbreker tertahan, sehingga tak menyerap getaran secara optimal. Solusinya Anda bisa melakukan pengepresan garpu suspensi di bengkel spesialis dengan alat khusus, atau ganti dengan yang baru.

Related Articles

Musim hujan berarti waktunya waspada tikus masuk ke mobil. Karena ruang mesin mobil senantiasa panas, maka hewan pengerat tersebut mencari ruangan untuk menghangatkan tubuhnya. Dan ruang mesin adalah tempat yang dipilih tikus untuk berlindung selama hujan.

Tahukah Anda jika ban tidak sesederhana kelihatannya. Faktanya pada sebuah ban terdapat beberapa kode dan simbol yang wajib diketahui. Kode dan simbol tersebut tak hanya menerangkan seputar spesifikasinya saja, namun juga performa ban saat dipakai.

Menjelang liburan Natal dan pergantian tahun, mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh wajib hukumnya.

Pada mesin mobil terdapat sabuk atau V-belt yang punya peranan penting. Fungsinya adalah untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin seperti kompresor AC, alternator, ekstra fan, dan power steering hidraulis.

Related Products