Pakai Aki Basah? Ini Do and Don’t-nya

03-December-2018

Category : Perlistrikan
Pakai Aki Basah? Ini Do and Don’t-nya

Accu (Aki) atau yang biasa disebut baterai pada kendaraanadalahspareparts kendaraan penyimpan energi listrik DC (searah), dan berguna untuk menghidupkan mesin sepedamotor melalui electric starter atau pengapian. Selain itu aki juga sering digunakan untuk menyalakan berbagai perangkat berbasis elektronik seperti spidometer atau lampu-lampu.

Aki sendiri punya dua tipe yaitu basah dan kering. Dimana tipe yang memakai media cairan membutuhkan perawatan ekstra dibanding tipe lainnya. Meski begitu aki tipe basah (konvensional) dinilai punya umur yang lebih panjang.

Seiring berjalannya waktu, fungsi penyimpananenergi listrik pun akan menurun. Dimana daya listrik yang disimpan akan mudah habis yang ditandai dengan tegangan listrik (volt) yang menurun dengan cepat, sehingga tidak lagi dapat melayani kebutuhan listrik sepeda motor dengan ideal. Tapi jangan khawatir, dengan perlakuan yang tepat umur aki basah bisa lebih panjang, loh.Lantas apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan dalam merawat aki basah?

Boleh
1. Lakukan pengecekan volume air aki secara reguler, setidaknya sebulan sekali. Pastikan jangan sampai takarannya di bawah garis “low”, yang akan berpotensi merusak sel-sel di dalam aki.

2. Jika mendapati kondisi air aki yang kurang, segera isi dengan air aki murni yang ditandai kemasan botol dengan tutup berwarna biru (bukan air aki zuur) sampai batas penuh yang ditentukan.

3. Pastikan tegangan (volt) aki tetap di angka 12,6 ke atas. Jika angkanya di bawah itu, sebaiknya lakukan pengecasan ulang agar aki basah menjadi lebih awet.

4. Selalu pakai aki basah berkualitas dan membelinya di toko-toko spareparts kendaraan terpercaya.


Tidak Boleh
1. Saat baru membeli aki basah, jangan langsung digunakan di sepeda motor. Aki basah memerlukan pengisian air aki zuur dan pengecasan terlebih dahulu setidaknya 6 jam.

2. Jangan gunakan electric starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor, jika sudah mati lebih dari 8 jam. Gunakan kick starter manual (engkol) untuk untuk mencegah aki cepat drop karena pada saat itu tegangan aki sedang menurun.

3. Jangan biarkan kepala aki korosi atau dibiarkan kotor. Karena akan menghambat pengisian aki yang berpotensi membuat umurnya lebih pendek.

Related Articles

Pada skuter matik atau skutik, fungsi kopling dan transmisi digantikan sistem CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sebagian pengguna mobil mungkin pernah membeli ban. Namun kode produksinya bukan tahun sekarang. Bila mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya jangan berasumsi bahwa ban sudah kadaluarsa. Faktanya ban tidak memiliki masa kadaluarsa, sepanjang disimpan dengan baik ban tetap dapat digunakan.

Belakangan ini makin banyak sepeda motor dengan konstruksi mesin DOHC. DOHC adalah singkatan dari Double Over Head Camshaft, atau mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang overhead.

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua komponen yang membutuhkan aliran listrik, seperti AC, lampu mobil, dan audio mobil.

Related Products